TPI Pantai Labu Pekan Jorok dan Bau, Komandan Pos Angkatan Laut dan Kades Inisiasi Ajak Muspika, Dinas Perikanan Serta Pedagang Ikan Gotong Royong

Editor: metrokampung.com

Pantai Labu, Metrokampung.com
Tempat  Pendaratan Ikan (TPI) Desa Pantai Labu Pekan Kecamatan Pantai Labu merupakan tempat pendaratan ikan terbesar di Kecamatan Pantai Labu. 

Beragam jenis ikan hasil tangkapan nelayan yang didaratkan di lokasi ini, selain memenuhi permintaan lokal, juga dipasarkan pedagang ke pasar Lubuk Pakam, Medan dan beberapa kota terdekat lainnya.

Namun akhir -akhir ini sangat jorok dan berbau sehingga banyak pembeli yang enggan masuk ke lokasi TPI tersebut.

Oleh karena itu untuk mengantisipasi hal -hal tersebut Pihak Dinas Perikanan Deli Serdang, Muspika Pantai Labu, Kepala Desa Pantai Labu pekan dan para pedagang sepakat akan melakukan upaya pembersihan dan penertiban dengan bergotong royong di TPI tersebut.

Kesepakatan gotong royong ini di ketahui saat  musyawarah yang di laksanakan di TPI Desa Pantai Labu pekan kecamatan Pantai Labu, Senin (21/10/2024).

Tampak hadir  pada musyawarah itu Sekretaris Dinas Perikanan Deli Serdang Ir.Rosmery Sembiring, Kasi Trantib Kecamatan Pantai Labu Fandiansyah SE, Kepala Desa Pantai Labu pekan Samsul Bahri, DanPosal Pantai Labu Letda Marinir Olpen Situmorang, Kanit Markas Polairud Deli Serdang Iptu Turisno, Penyuluh Perikanan Pantai labu Supariono S.Pi, Agus Salim, serta para pedagang Ikan TPI.

DanPosal Pantai Labu Letda Marinir Olpen Situmorang mengatakan 'Saya baru bertugas di kecamatan Pantai labu sekitar 5 bulan lalu, kami melihat ikan ikan dari TPI ini sangat segar dan banyak pembeli yang datang dari luar daerah kita.

Namun saya melihat TPI kita ini sangat jorok dan berbau seperti tak ada yang merawatnya, kata DanPosal. 

Oleh karena itu saya bersama petugas perikanan Pantai labu dan kepala desa mengajak untuk mengadakan musyawarah dengan mengundang semua pihak agar kita bisa bersama sama bergotong royong membersihkan TPI ini agar tidak terkesan jorok dan berbau, sebutnya.

Syukur pada hari ini kita bisa Bermusyawarah dan menyepakati untuk segera melakukan gotong royong.

Tujuan kita lakukan gotong royong nanti nya agar para pembeli mau datang ke TPI kita karena tidak berbau dan jorok , tentu nya kalau banyak yang beli akan menambah pendapatan kita, terangnya.

Maka dengan itu mari kita jaga TPI kita ini agar bersih dan tertib, tutupnya.

Sekretaris Dinas Perikanan Deli Serdang Ir.Rosmery Sembiring menyambut baik kegiatan gotong royong yang akan di laksanakan nanti nya sebagai upaya membersihkan dan menertibkan tempat pendaratan ikan di Pantai labu pekan ini. 

TPI ini baru di serahkan terimakan kepada kami Dinas Perikanan Deli Serdang pada tahun 2022 lalu dan saat ini sudah masuk aset dari Dinas Perikanan Deli Serdang.

Karena anggaran belum ada di tahun 2024 ini , mudah -mudahan di tahun 2025 nanti ada anggaran bisa kita revitalisasi TPI ini agar lebih baik dan indah, katanya.

Terkait saat ini TPI terkesan jorok dan bau mari kita secara bersama bergotong royong untuk membersihkan nya sekaligus membuat  pengurus  di TPI ini agar ada orang yang merawat nya, ucapnya.

Jadi di sini kami mengajak semua pihak untuk saling bekerjasama nanti nya bergotong royong agar TPI kita ini tidak jorok dan bau lagi.
Sementara itu Kepala Desa Pantai labu pekan Samsul Bahri  mengucapkan terima kasih  kepada seluruh undangan yang hadir pada acara musyawarah untuk melakukan gotong royong di TPI Desa Pantai labu Pekan ini.

Terus terang baru kali ini di adakan musyawarah untuk bergotong royong membersihkan TPI ini, oleh karena itu saya mengajak kepada seluruh pedangan yang berjualan di TPI ini untuk ikut bersama bergotong royong nantinya membersihkan TPI ini.

"Kades juga berharap kepada para pedagang di TPI untuk dapat mentaati peraturan yang ada agar TPI ini bisa bersih," tegasnya.

Pada kesempatan ini Pemerintahan desa Pantai Labu pekan mengambil alih pengelolaan kebersihan TPI dan penertibannya. 

Pada Musyawarah ini ditetapkan pada hari Minggu tanggal 27 Oktober 2024 akan dilaksanakan gotong royong berbersama membersihkan TPI dari sampah agar tidak jorok dan berbau.(Lubis/MK)
Share:
Komentar


Berita Terkini